Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Universal Indofood Product

Authors

  • Evangeline Utomo Politeknik Cendana
  • Susanto Susanto Institut Bisnis Teknologi dan Bisnis
  • Irwansyah Djali Politeknik Cendana
  • Dewi Anggraini Politeknik Cendana

DOI:

https://doi.org/10.59696/investasi.v2i1.40

Keywords:

Promosi, Harga, Keputusan pembelian

Abstract

Promosi adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli dengan indikator adalah periklanan, diskon atau potongan harga, publisitas dan hubungan masyarakat, promosi penjualan dan pelayanan. Harga adalah sejumlah uang (satuan moneter) dan ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau pennggunaan suatu barang dan jasa dengan indikator adalah keterjangkauan harga, penentuan harga, pertumbuhan harga pesaing, penetapan harga jual, harga moneter, biaya waktu dan biaya praktis. Sedangkan keputusan pembelian adalah pengambilan keputusan pembelian meliputi proses yang dilalui konsumen dalam mengenali masalah, mencari solusi, mengevaluasi alternatif, dan memilih diantara pilihan-pilihan pembelian mereka dengan indikator adalah pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif kepada orang lain, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. PT. Universal Indofood Product adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi biskuit bermerek Unibis. Perumusan masalah pada penelitian ini, “Adakah pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian di PT. Universal Indofood Product”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian di PT. Universal Indofood Product. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Jumlah responden/sampel sebanyak 96 orang konsumen dari populasi adalah Konsumen PT. Universal Indofood Product dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Besar promosi dan harga mampu menjelaskan keputusan pembelian dapat dilihat pada hasil uji determinasi (R2) secara persentase adalah sebesar 12,30%. Dengan hasil koefisien determinasi ini, maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian pada PT. Universal Indofood Product sebesar 12,30% dipengaruhi oleh promosi dan harga sedangkan sisanya 87,7% merupakan sumbangan faktor lain yang dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Utomo, E., Susanto, S., Djali, I., & Anggraini, D. (2024). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Universal Indofood Product. INVESTASI : Inovasi Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.59696/investasi.v2i1.40

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.