Strategi Komunikasi Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Motivasi Pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar
DOI:
https://doi.org/10.59696/prinsip.v3i3.175Keywords:
Strategi Komunikasi, Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Organisasi PublikAbstract
Kepemimpinan transformasional merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya pengaruh ideal, perhatian individual, stimulasi intelektual, dan motivasi inspiratif dalam membangun hubungan kerja yang positif dan mendorong semangat pegawai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah motivasi kerja yang masih fluktuatif serta komunikasi pimpinan yang belum berjalan secara optimal di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi kepemimpinan transformasional diterapkan melalui empat dimensi utama yaitu: pengaruh ideal (idealized influence), perhatian individual (individualized consideration), stimulasi intelektual (intellectual stimulation), dan motivasi inspiratif (inspirational motivation). Strategi ini terbukti mampu meningkatkan motivasi kerja pegawai, yang ditunjukkan dengan meningkatnya rasa tanggung jawab, semangat kerja, dan partisipasi dalam kegiatan organisasi. Faktor pendukung strategi ini antara lain budaya organisasi yang terbuka dan kerja sama tim yang kuat, sedangkan hambatannya meliputi birokrasi yang kaku, keterbatasan waktu, dan miskomunikasi antarbagian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi transformasional efektif dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai di lingkungan birokrasi publik. .
Kata Kunci: Strategi komunikasi, kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, organisasi publik
References
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates. https://doi.org/10.4324/9781410617095
Breevaart, K., Bakker, A. B., Hetland, J., Demerouti, E., Olsen, O. K., & Espevik, R. (2014). Daily transactional and transformational leadership and daily employee engagement. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 87(1), 138–157. https://doi.org/10.1111/joop.12041
Men, L. R. (2014). Strategic internal communication: Transformational leadership, communication channels, and employee satisfaction. Management Communication Quarterly, 28(2), 264–284. https://doi.org/10.1177/0893318914524536
Caillier, J. G. (2014). Toward a better understanding of the relationship between transformational leadership, public service motivation, mission valence, and employee performance. Public kkManagement Review, 16(2), 231–252. https://doi.org/10.1080/14719037.2013.770058
volio, B. J., Walumbwa, F. O., & Weber, T. J. (2009). Leadership: Current theories, research, and future directions. Annual Review of Psychology, 60, 421–449. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.60.110707.163621
Braun, S., Peus, C., Weisweiler, S., & Frey, D. (2013). Transformational leadership, job satisfaction, and team performance: A multilevel mediation model of trust. The Leadership Quarterly, 24(1), 270–283. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2012.11.006
Choi, S. L., Goh, C. F., Adam, M. B., & Tan, O. K. (2016). Transformational leadership, empowerment, and job satisfaction: The mediating role of employee empowerment. Human Resource Development International, 19(2), 199–221. https://doi.org/10.1080/13678868.2015.1078592
Eisenbeiß, S. A., & Boerner, S. (2013). A double-edged sword: Transformational leadership and individual creativity. British Journal of Management, 24(1), 54–68. https://doi.org/10.1111/j.1467-8551.2011.00786.x
Tourish, D., & Robson, P. (2006). Sensemaking and the Distortion of Critical Upward Communication in Organizations. Journal of Management Studies, 43(4), 711–730. https://doi.org/10.1111/j.1467-6486.2006.00608.x
Banks, G. C., McCauley, K. D., Gardner, W. L., & Guler, C. E. (2016). A meta-analytic review of authentic and transformational leadership: A test for redundancy. The Leadership Quarterly, 27(4), 634–652. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2016.02.006
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rani Yuniati, Nik Haryanti, Anita Reta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














