Strategi Manajemen Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital

Authors

  • Fathur Rahman Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.59696/prinsip.v2i3.150

Keywords:

Manajemen Pendidikan, Era Digital, Teknologi Pendidikan, Strategi Pembelajaran

Abstract

Pendidikan di era digital menghadirkan tantangan dan peluang baru bagi pengelolaan pendidikan. Artikel ini membahas strategi manajemen pendidikan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur dengan mengumpulkan data dari sumbersumber teoritis yang relevan tentang manajemen pendidikan dan teknologi digital dalam konteks pendidikan. Artikel ini menguraikan beberapa strategi manajemen pendidikan yang dapat diterapkan, termasuk penggunaan teknologi digital dalam pengajaran dan pembelajaran, pengelolaan sumber daya manusia dalam era digital, pengembangan kurikulum yang relevan dengan teknologi, dan penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan era digital. Artikel ini juga membahas tantangan dan peluang yang dihadapi dalam mengimplementasikan strategi-strategi ini, termasuk pengelolaan perubahan, kebijakan pendidikan yang adaptif, dan pengembangan profesionalisme guru dalam era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur, dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber teoritis yang relevan tentang manajemen pendidikan dan teknologi digital dalam konteks pendidikan. Data dianalisis melalui sintesis literatur yang sistematis untuk mengidentifikasi strategi manajemen pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Dalam era digital, strategi manajemen pendidikan yang adaptif dan berorientasi pada teknologi menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penggunaan teknologi digital dalam pengajaran dan pembelajaran, pengelolaan sumber daya manusia yang berorientasi pada era digital, pengembangan kurikulum yang relevan dengan teknologi, dan penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan era digital merupakan langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Namun, tantangan seperti pengelolaan perubahan, kebijakan pendidikan yang adaptif, dan pengembangan profesionalisme guru tetap menjadi fokus penting dalam implementasi strategistrategi ini.

References

[1] Elza Dwi Putri, “Pasal 6 Permulaan Belajar, Ukuran Belajar dan Tata Tertib Belajar,” J. Pendidik. Indones., pp. 172–184, 2024.

[2] S. Budiyono, “Pengajaran Bahasa dan Sastra di Era Digital (Era Digital, Era Masyarakat Global),” Ling. Fr. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 4, no. 1, pp. 54–61, 2020, [Online]. Available: https://journal.um-surabaya.ac.id/lingua/article/view/4315

[3] D. M. Arum, “Strategi Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital,” JME J. Manag. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 65–74, 2023, doi: 10.59561/jme.v1i2.70.

[4] Yudhani et al, “Analisis Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar,” J. Manaj. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 123–135, 2024.

[5] X. P. Brannmjk, “Pemb,” Catal. from A to Z, vol. 6, no. 1, pp. 58–67, 2020, doi: 10.1002/9783527809080.cataz12531.

[6] S. Budio, “Strategi Manajemen Sekolah,” J. Menata, vol. 2, no. 2, pp. 56–72, 2019.

Downloads

Published

05-07-2024

How to Cite

Rahman, F. (2024). Strategi Manajemen Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Portal Riset Dan Inovasi Sistem Perangkat Lunak, 2(3), 129–134. https://doi.org/10.59696/prinsip.v2i3.150

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.