Analisis Persepsi Pemberitaan Perubahan Program Kampus Berdampak Pada Media Sosial Instagram

(Studi Pada Followers Akun Instagram @Kemdiktisaintek.ri )

Authors

  • Nurmaida Maghfiroh Universitas Islam Balitar
  • Andiwi Meifilina Universitas Islam Balitar
  • Nuryanti Nuryanti Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.59696/prinsip.v3i3.170

Keywords:

pemberitaan kampus, kampus berdampak, media sosial, instagram, komunikasi

Abstract

ABSTRAK

Transformasi pendidikan melalui Kampus Berdampak merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas SDM. Program ini melanjutkan inisiatif Kampus Merdeka dengan penekanan pada pemberdayaan mahasiswa, kolaborasi industri, dan dampak nyata ke masyarakat. Penelitian ini bertujuan pada bagaimana followers akun Instagram @kemdiktisaintek.ri memaknai pemberitaan seputar program ini. Lewat pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode wawancara menggali persepsi publik melalui konten media sosial, terutama komentar dan interaksi pengguna kepada informan yang dipilih secara purposive sampling. Hasilnya, konten di akun Instagram tersebut cukup berhasil membentuk agenda publik, terutama dalam aspek aktualitas, tampilan visual, dan keterlibatan audiens. Secara keseluruhan, komunikasi digital dari @kemdiktisaintek.ri berperan penting membentuk persepsi dan minat mahasiswa terhadap program Kampus Berdampak. Ini menegaskan bahwa media sosial bukan sekadar alat penyebaran informasi, tapi juga ruang strategis kepercayaan,opini, dan dukungan publik terhadap kebijakan pendidikan.

Kata Kunci:Pemberitaan, Kampus Berdampak, Media Sosial

References

REFERENSI

Nashrullah, S.Pd, M., & Maharani, S.Pd, O. (2023). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, dan Pengembangan). UMSIDA PRESS.

Zulfirman, R. (2022). IMPLEMETASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 MEDAN. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, Vol.3, No.2. doi:http://jurnal.umsu.ac.id/index.php

Backlinko. (2025, Maret). Instagram Statistics: Key Demographic and User Numbers.

From backlinko.com: https://backlinko.com/instagram-users

J. Moleong , L. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Retrieved April, 2025 from https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/205827/metodologi-penelitian- kualitatif

Saras Jenita, N., & Yeni Astiti, N. (2020). PENGARUH JOB DESCRIPTION, SISTEM KERJA DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN GIANYAR . Jurnal EMAS .

Suriani, N., & Risnita. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam.

Suryani, I., & Bakiyah, H. (2018). STRATEGI PUBLIC RELATION PT HONDA

MEGATAMA KAPUK DALAM CUSTOMER RELATIONS. eJournal, Vol.9 .

Downloads

Published

31-07-2025

How to Cite

Maghfiroh, N., Meifilina, A., & Nuryanti, N. (2025). Analisis Persepsi Pemberitaan Perubahan Program Kampus Berdampak Pada Media Sosial Instagram : (Studi Pada Followers Akun Instagram @Kemdiktisaintek.ri ). Portal Riset Dan Inovasi Sistem Perangkat Lunak, 3(3), 137–143. https://doi.org/10.59696/prinsip.v3i3.170

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.