Penerapan Strategi Manajemen Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing di Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.59696/investasi.v2i4.71Keywords:
Strategi, Manajemen Teknologi, Industri 4.0Abstract
Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan besar dalam dinamika bisnis, yang mendorong perusahaan untuk mengadopsi strategi manajemen teknologi guna meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi manajemen teknologi pada perusahaan manufaktur di Indonesia dan mengukur dampaknya terhadap keunggulan kompetitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi manajemen teknologi yang efektif berkontribusi signifikan terhadap peningkatan daya saing. Tiga elemen kunci, yaitu pengelolaan inovasi teknologi, kolaborasi dengan mitra teknologi, dan pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi, memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan produktivitas, efisiensi proses, dan kemampuan adaptasi pasar. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa perusahaan yang lebih adaptif terhadap perubahan teknologi memiliki posisi pasar yang lebih kuat dibandingkan dengan perusahaan yang kurang inovatif. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan terus memperkuat kapabilitas teknologi mereka dengan investasi berkelanjutan pada infrastruktur teknologi dan pelatihan sumber daya manusia. Implementasi strategi manajemen teknologi yang terstruktur diharapkan dapat menjadi faktor kunci untuk memperkuat daya saing di tengah tantangan era digitalisasi global.
References
Asrul, A., Putra, A. ., & Rajab, M. . (2025). Transportasi Bisnis Di Era Digital: Peluang, Tantangan, Dan Strategi Inovasi. Jurnal Minfo Polgan , 13 (2), 2294-2298.
Asrul, A., Sunarjo, WA, Mathory, EAS, Napitu, R., Nasution, SP, Endah, Y., ... & Purba, B. (2023). E-Commerce Bisnis Digital . Yayasan Kita Menulis.
Barney, J. B. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management, 17(1), 99-120.
Chesbrough, H. (2003). Open Innovation: The New Imperative for Creating and Profiting from Technology. Harvard Business School Press.
Burgelman, R. A., Christensen, C. M., & Wheelwright, S. C. (2018). Strategic Management of Technology and Innovation. McGraw-Hill Education.
Ghobakhloo, M. (2020). Industry 4.0, digitization, and opportunities for sustainability. Journal of Cleaner Production, 252, 119869
Muhammad, M., Asrul, A., Gustina, Z., Muhardono, A., Nurkentjana Aju, C., Agung, W., ... & Fitria, H. (2022). Strategi digital marketing untuk bisnis digital.
Kagermann, H., Wahlster, W., & Helbig, J. (2013). Recommendations for Implementing the Strategic Initiative INDUSTRIE 4.0. Final Report of the Industrie 4.0 Working Group.
Müller, J. M., Buliga, O., & Voigt, K. I. (2018). Fortune favors the prepared: How firms implement Industry 4.0 technologies. Technological Forecasting and Social Change, 132, 2-17.
Porter, M. E., & Heppelmann, J. E. (2015). How Smart, Connected Products Are Transforming Companies. Harvard Business Review, 93(10), 96-114.
Prahalad, C. K., & Krishnan, M. S. (2008). The New Age of Innovation: Driving Cocreated Value through Global Networks. McGraw-Hill.
Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Leading Digital: Turning Technology into Business Transformation. Harvard Business Review Press.
Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Crown Business.













