Evolusi Bisnis Digital: Dampak Teknologi terhadap Perilaku Konsumen dan Pasar Global

Authors

  • Asrul Asrul Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.59696/investasi.v2i3.76

Keywords:

Bisnis Digital, Teknologi, Perilaku Konsumen, Pasar Global

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evolusi bisnis digital serta dampak teknologi terhadap perilaku konsumen dan dinamika pasar global. Dengan berkembangnya teknologi, terutama internet, kecerdasan buatan, dan perangkat seluler, pola konsumsi dan interaksi pasar telah berubah secara signifikan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan analisis data sekunder untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi seperti e-commerce, media sosial, dan aplikasi berbasis teknologi memengaruhi preferensi, loyalitas, dan keputusan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi telah mendorong perubahan besar dalam perilaku konsumen, termasuk pergeseran menuju pembelian daring, peningkatan permintaan terhadap pengalaman yang dipersonalisasi, dan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap keberlanjutan. Di sisi lain, pasar global menjadi semakin terintegrasi, dengan kompetisi yang lebih intensif dan munculnya peluang baru bagi bisnis kecil dan menengah untuk bersaing secara internasional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk tetap relevan, bisnis harus mengadopsi teknologi inovatif, memahami kebutuhan konsumen yang terus berubah, dan mengembangkan strategi adaptif yang responsif terhadap perubahan pasar global.

References

Asrul, A., Sunarjo, WA, Mathory, EAS, Napitu, R., Nasution, SP, Endah, Y., ... & Purba, B. (2023). E-Commerce Bisnis Digital . Yayasan Kita Menulis.

Asrul, A., Putra, A. ., & Rajab, M. . (2025). Transpormasi Bisnis Di Era Digital: Peluang, Tantangan, Dan Strategi Inovasi. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2294-2298.

https://doi.org/10.33395/jmp.v13i2.14431

Barney, J. B. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99-120.

https://doi.org/10.1177/014920639101700108

Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2014). The Second Machine Age: Work, Progress, and Prosperity in a Time of Brilliant Technologies. W.W. Norton & Company.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice (7th ed.). Pearson.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley.

Lamberton, C., & Stephen, A. T. (2016). A Thematic Exploration of Digital, Social Media, and Mobile Marketing: Research Evolution from 2000 to 2015 and an Agenda for Future Inquiry. Journal of Marketing, 80(6), 146-172.

https://doi.org/10.1509/jm.15.0415

Muhammad, M., Asrul, A., Gustina, Z., Muhardono, A., Nurkentjana Aju, C., Agung, W., ... & Fitria, H. (2022). Strategi pemasaran digital untuk bisnis digital.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Asrul, A. (2024). Evolusi Bisnis Digital: Dampak Teknologi terhadap Perilaku Konsumen dan Pasar Global. INVESTASI : Inovasi Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 130–135. https://doi.org/10.59696/investasi.v2i3.76

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.