Pengaruh Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Kinerja Penjualan UMKM di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.59696/investasi.v3i3.171Keywords:
E-Commerce, Kinerja Penjualan, UMKM, Era DigitalAbstract
Perkembangan teknologi informasi di era digital telah mendorong transformasi model bisnis, termasuk pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pemanfaatan e-commerce menjadi salah satu strategi penting bagi UMKM untuk meningkatkan jangkauan pasar, efisiensi transaksi, dan kinerja penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan e-commerce terhadap kinerja penjualan UMKM di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pelaku UMKM di wilayah penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana untuk menguji hubungan antara variabel independen (pemanfaatan e-commerce) dan variabel dependen (kinerja penjualan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan UMKM. Semakin optimal pemanfaatan fitur e-commerce, seperti katalog produk online, metode pembayaran digital, dan strategi pemasaran berbasis media sosial, semakin tinggi pula peningkatan penjualan yang diperoleh. Temuan ini merekomendasikan pelaku UMKM untuk terus mengembangkan keterampilan digital dan memaksimalkan penggunaan platform e-commerce guna bersaing secara efektif di pasar yang semakin kompetitif.
References
Asrul, A. (2025). Pengaruh Kebijakan Manajemen Teknologi Terhadap Inovasi Produk Di Industri Kreatif. Portal Riset Dan Inovasi Sistem Perangkat Lunak, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.59696/prinsip.v3i1.78
Asrul, A., Putra, A. ., & Rajab, M. . (2025). Transpormasi Bisnis Di Era Digital: Peluang, Tantangan, Dan Strategi Inovasi. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2294-2298.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik UMKM 2022. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.
Barney, J. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management, 17(1), 99–120. https://doi.org/10.1177/014920639101700108
Chaffey, D. (2019). Digital business and e-commerce management (7th ed.). Pearson Education Limited.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Herjanto, E. (2019). Manajemen pemasaran. Grasindo.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2023). Data UMKM tahun 2023. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2022). E-commerce 2022: business, technology, and society (17th ed.). Pearson Education.
Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: Evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25–41. https://doi.org/10.1007/s40821-016-0044-6
Saputra, A., & Sari, R. (2020). Pengaruh pemanfaatan e-commerce terhadap kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 145–156.
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926
World Bank. (2021). Digital economy for Indonesia. The World Bank Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asrul Asrul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.













