Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Aplikasi Grab Menggunakan Metode Pieces

Authors

  • Satria Akbar Priatama Universitas Gunadarma
  • Leli Safitri Universitas Gunadarma
  • Murtiwiyati Murtiwiyati Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.59696/prinsip.v3i2.128

Keywords:

Grab, Kepuasan pelanggan, Metode PIECES

Abstract

Grab merupakan salah satu aplikasi ride hailing yang ada di Indonesia, dengan berada pada peringkat keempat sebagai aplikasi yang sering di unduh di tahun 2022 sebanyak 170 ribu unduh an dan menjadi peringkat kedua sebagai aplikasi ride hailing yang digunakan di wilayah JABODETABEK dengan persentase sebesar 32,24% serta memiliki rating sebesar 4.8 pada Google Play store. Namun aplikasi Grab tetap memiliki kekurangan sehingga masih terdapat banyaknya rating bintang 1 pada Google Play store sebanyak 386 dari tanggal 25 Mei hingga 1 Juni. Hal tersebut yang menjadi latar belakang dibuat penulisan ilmiah tentang analisis tingkat kepuasan pelanggan pada aplikasi Grab menggunakan metode PIECES, 6 variabel yang diujikan untuk melihat seberapa besar nilai kepuasan pelanggan terhadap aplikasi Grab adalah Performance (kinerja), Information (informasi), Economy (ekonomi), Security & Control (keamanan dan pengendalian), Efficiency (efisiensi), dan Service (pelayanan). Pengujian dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Microsoft Excel & IBM SPSS 29. Perhitungan dan analisis data dilakukan menggunakan teori Kaplan & Norton sehingga didapat hasil akhir dari perhitungan dan analisis data yang menunjukan nilai PUAS terhadap 6 variabel pada metode PIECES.

References

Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(3), 325- 332.

Annur, C. M. (2024). Bukan Grab atau Gojek, Ini Aplikasi Pesan Makanan Paling Banyak Diunduh Sedunia. Katadata.

Apriliansah, I., & Sutabri, T. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan GOJEK Menggunakan Metode PIECES di Kota Palembang. IJM: Indonesian Journal of , 305–317. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/686%0A

Ayu, D. M., & Yasa, N. N. K. (2020). Pengaruh Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pengguna Grab. E-Jurnal Manajemen.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan reliabilitas penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan.

Hashim, S., Mohamad, S. F., Abdul Halim Lim, S., & Che Ahmat, N. H. (2022). Pretesting Survey Questionnaire: A Guide on Dissemination. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 11(3), 408–416.

https://doi.org/10.6007/ijarems/v11-i3/15228

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. Andi.

Kinanti, N., Putri, A., & Dwi, A. (2021). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 78–84.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2017). Management Information Systems. Pearson.

Machali, I. (2021). Metode penelitian kuantitatif (panduan praktis merencanakan, melaksanakan, dan analisis dalam penelitian kuantitatif). Yogyakarta:

Mutia, A. (2024). Survei: Publik Jabodetabek Paling Sering Pakai Gojek, Bagaimana Grab, Maxim, dan InDriver? Katadata.

Nilawati, S, & Fati, Nelzi. (2023). Metodologi Penelitian. Sumatra Barat: Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Open Data Kabupaten Tangerang (2024) Jumlah penduduk Kabupaten Tangerang menurut Kecamatan | Kabupaten Tangerang.

Pratiwi, D., & Hidayat, R. (2020). Analisis Kinerja Aplikasi Transportasi Online. Jurnal Teknologi Informasi, 8(2).

Priyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoharjo: Zifatama Publishing.

Purwanto, P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: Staiapress.

Raco. (2010). Metode penelitian kualitatif: Jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Santika, E. F. (2024). Aplikasi Transportasi Online Terbanyak Diunduh di RI 2023, Gojek Juaranya. Katadata.

Septiani, D., Ruhama, S., & Astuti, I. (2023). Implementasi Metode Pieces Untuk Menganalisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Peduli Lindungi. JIKI (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 4(1), 53–64.

Setiawan, T., & Wibowo, A. (2021). Perlindungan Data dan Kepercayaan Pengguna. Jurnal Sistem Informasi, 14(1).

Siyoto, S, & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google form dalam evaluasi hasil belajar peserta didik Di masa pandemi Covid-19. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150-156.

Wibawa, F. A., & Pritandhari, M. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran era revolusi industri 4.0. In SNPPM-2 (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun.

Wulandari, C., Elmayati, E., & Citra, Y. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Grab Kota Lubuklinggau Menggunakan Framework

Widyaningrum, A., & Putra, I. M. (2021). Kualitas Layanan dan Loyalitas Pelanggan Grab. Jurnal Ilmu Ekonomi & Bisnis.

Yuliana, D., & Prasetyo, T. (2022). User Experience dalam Aplikasi Transportasi Daring. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi.

Zufria, I. (2022). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi. Medan: Pusdikra Mitra Jaya..

Downloads

Published

27-04-2025

How to Cite

Priatama, S. A., Safitri, L., & Murtiwiyati, M. (2025). Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Aplikasi Grab Menggunakan Metode Pieces. Portal Riset Dan Inovasi Sistem Perangkat Lunak, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.59696/prinsip.v3i2.128

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.