Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Kopi SOE di Kalangan Gen Z Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.59696/investasi.v3i1.86Keywords:
Product Quality, Location, Purchase SatisfactionAbstract
This research highlights the importance of marketing in achieving company targets by meeting consumer preferences and expectations. Coffee shops in West Jakarta offer high-quality coffee and a comfortable atmosphere, which are key factors for business success. PT EOS Maju Bersama, through the Kopi Soe brand, has been innovating since 2018 and has more than 200 franchise outlets. This study aims to determine the influence of product quality and location on the purchase satisfaction of Kopi Soe among Gen Z in West Jakarta. The research uses a quantitative descriptive method with surveys. A pre-survey was conducted with 25 respondents to examine various issues related to the research, while the sample related to the title consisted of 96 respondents. The sample was determined using the Non Probability Sampling method and the Purposive Sampling technique. The results showed that both partially and simultaneously, product quality and location have a positive and significant impact on purchase satisfaction, with the regression equation Y = 0.373 + 0.439X1 + 0.587X2. The partial determination coefficient value is 0.824 with a percentage of 82.4% for the product quality variable and 0.813 with a percentage of 81.3% for the location variable. The simultaneous determination coefficient value is 0.866 with a percentage of 86.6%.
References
Ade Puspa. (2023). CAFE ATAP HIJAU COFFEE DI MAJENE THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY AND LOCATION ON CONSUMER PURCHASE DECISIONS AT ATAP HIJAU COFFEE IN MAJENE.
Arisana, V. (2024). Pengaruh Lokasi, Keunikan dan Pengetahuan Karyawan terhadap membangun Daya saing Perusahaan. https://doi.org/10.38035/jkmt.v2i2
Cyasmoro, V., & Putri Hemas, D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Bozzi Coffee Jakarta Selatan.
Dahliani, & Ahwal. (2021). KAJIAN PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GIESELIN FOOD SUKSER MAKMUR DI JEMBER.
Diah Ceci Tiaswari. (2020). PENGARUH KEGIATAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019-2020.
https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i2.1286
Dwi Ambar Wati. (2022). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI PENGENDALI RESIKO SELISIH PERSEDIAAN BARANG DAGANG (Studi Kasus Pada PT Barriz Santun Jaya Jombang).
Emilda Wiguna. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PENGADILAN NEGERI BALE BANDUNG KELAS 1A.
EPILINUS, H., YUPITER, M., & SOPHIA MOLINDA, K. (2022). 381-Article Text-1112-1-10-20221202.
Erwin Tri Kurniyanto, Sugiharto, Achmad Daengs GS, Rina Dewi, & Harsono Teguh. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Warung Kopi Prada Di Surabaya.
https://doi.org/10.30640/jumma45.v2i2.1600
Fedyawan, I., Naniek, U., Handayani, S. S., & Soedarto, J. L. (2023). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PROSES PRODUKSI FLEXIBLE CONTAINER BAG DI PT DAIYAPLAS.
Figgia, I., Yulianti, W., Handayani, W., Program, *, Manajemen, S., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). Quality Control of Gery Saluut Product Packaging at CV. Surya Kencana Food Pengendalian Kualitas Kemasan Produk Gery Saluut di CV. Surya Kencana Food. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Grasintya Eka Novianingtyas, & Batara Daniel Bagana. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pembagian Dividen Pada Perusahaan Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020.
Haedi, A. L. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA KEDAI KOPI DADO KALISARI SKRIPSI.
Hakim, L. N., & Paludi, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Alana Sentul.
IL Fatqiah. (2023). HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI PASCA PANDEMI COVID-19.
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72-78.
https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3536
Jamlean, S., Ronald, S., Saleky, J., Pattipeilohy, V. R., Administrasi, J., Politeknik, N., & Ambon, N. (2022). PENGARUH LOKASI USAHA TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN.
Kunaini, K., Sudirwo, &, Tinggi, S., Ekonomi, I., & Banjarmasin, P. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT ASTRA INTERNATIONAL DAIHATSU BANJARMASIN.
https://doi.org/10.35972/kindai.v18i3.839
Margareth Aliatul Maimuna. (2020). S1_FEB_21601081208_MARGARETH ALIATUL MAIMUNA.
Marham, M., Abdurachman Saleh Situbondo Mohammad Yahya Arief, U., Abdurachman Saleh Situbondo Siti Soeliha, U., & Abdurachman Saleh Situbondo, U. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO CANTIKA PANJI SITUBONDO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 2(3), 543-560.
https://doi.org/10.36841/jme.v2i3.3269
Masili, V., Lumanauw, B., & V.J. Tielung, M. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA TOKO BAHAN BANGUNAN MENTARI DI DESA SEA KECAMATAN PINELENG KABUPATEN MINAHASA.
Mega Langi, C., Tewal, B., Dotulong, L. O., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). PENGARUH SELF ESTEEM, SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYWAN PADA PT. TIMURJAYA DAYATAMA (WINGS) KANTOR CABANG SONDER THE INFLUENCE OF SELF ESTEEM, SELF EFFICACY AND WORK ENVIRONMENT ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT. TIMURJAYA DAYATAMA (WINGS) SONDER BRANCH OFFICE. 10(1), 450-460.
Musrifah Mardiani Sanaky, Henriette D. Titaley, & La Moh. Saleh. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH.
Naini, N. F., Sugeng Santoso, Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah. (2022). The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1), 34-50. https://doi.org/10.29244/jcs.7.1.34-50
https://doi.org/10.29244/jcs.7.1.34-50
NANDA MARENDRA ANDRYARTO. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.
Noviana, M., Santoso, B., Program, M., Bisnis, S. A., Hukum, F., Sosial, I., & Politik, I. (2024). Pengaruh Bonus Dapat Memotivasi Kerja CV. Auto Bearing Di Dalam Divisi Penjualan. In Bambang Santoso (Vol. 2, Issue 2).
Nur Fadilah Amin, Sabaruddin Garancang, & Kamaluddin Abunawas. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN.
Oktavia Giawa, M., & Sondang Riski, M. (2022). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA FOTO COPY KURNIA JAYA SANGATTA.
https://doi.org/10.46964/eksis.v18i1.294
Prasti Saogo, W., & Yanti, S. (2024). Zona Manajerial: Program Studi Manajemen (S1) Universitas Batam Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, dan Presepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Pos Aja! PT. Pos Indonesia Cabang Batam). 14(2), 94-107. http://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/
https://doi.org/10.37776/zonamanajer.v14i2.1552
Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. (2022). ANALISIS LOKASI USAHA DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BISNIS PADA GROSIR BERKAH DOHO DOLOPO MADIUN. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 289-304.
https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.977
Putri, N., & Laili, N. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN CABANG MANYAR SURABAYA Anindhyta Budiarti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Rahma, Wijayanti, R., Malau, N. A., Sova, M., Ngii, E., Sugiri, T., Ardhiarisca, O., Astuti, Y., & Saidah, H. (2022). STATISTIK DESKRIPTIF. www.penerbitwidina.com
Regiasa, T. (2022). PENGARUH PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KAPUR PADA PT. SURYA BESINDO SAKTI DI KABUPATEN SERANG.
https://doi.org/10.29103/njiab.v5i2.12632
Reyhansyah, I. (2020). Analisis Pengaruh Service Quality dan Biaya Terhadap Kepuasan pelanggan (Study Kasus Pada PT. Mustikasakti Sarana Kencana). Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 18(1), 81-102. https://doi.org/10.33489/mibj.v18i1.230
https://doi.org/10.33489/mibj.v18i1.230
Reynaldi, A., & Darwin Raja Unggul, S. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WAROENG STEAK & SHAKE JATIWARINGIN.
Rosada, I., Nurliani, N., Husain, T. K., & Khaerudin, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Kopi Terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL GALUNG TROPIKA, 12(3), 384-391. https://doi.org/10.31850/jgt.v12i3.1158
https://doi.org/10.31850/jgt.v12i3.1158
Sa'adatun Nupus. (2020). RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) DALAM MENINGKATKAN NILAI TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.
Sekarningrum, E. A. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK KOPI, LOKASI, SUASANA DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI DI KEDAI KOPI SERAB.
Sinaga, W. A. L., Sumarno, S., & Sari, I. P. (2022). The Application of Multiple Linear Regression Method for Population Estimation Gunung Malela District. JOMLAI: Journal of Machine Learning and Artificial Intelligence, 1(1), 55-64. https://doi.org/10.55123/jomlai.v1i1.143
https://doi.org/10.55123/jomlai.v1i1.143
Soriton, J. F. W., Tampi, J. R. E., Walangitan Jurusan, O. F., Administrasi, I., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Berusaha Motor Kawangkoan. Productivity, 2(7), 2021.
Sudrajat, & Guslina, I. (2023). PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI INDOMARET BOULEVARD KOTA BEKASI.
Wikanti Pratiwi. (2022). PENGARUH MINAT KERJA DAN KEMAMPUAN AKADEMIS TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN.
https://doi.org/10.17509/jptb.v2i2.51663
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 INVESTASI : Inovasi Jurnal Ekonomi dan Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.