Memahami Critical Thinking: Soft Skill Esensial bagi Generasi Muda Memasuki Dunia Kerja dan Usaha
DOI:
https://doi.org/10.59696/investasi.v3i3.167Keywords:
Berpikir kritis, keterampilan lunak, generasi muda, pemecahan masalah, pengembangan keterampilanAbstract
Penguasaan keterampilan berpikir kritis (critical thinking) merupakan salah satu soft skill yang sangat penting bagi generasi muda dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja dan dunia usaha. Keterampilan ini memungkinkan individu untuk menganalisis informasi secara objektif, menyelesaikan masalah dengan cara yang rasional, serta membuat keputusan yang tepat dan efektif. Di era globalisasi yang serba cepat dan kompetitif ini, kemampuan berpikir kritis menjadi kunci untuk beradaptasi dan berhasil dalam berbagai sektor industri. Artikel ini membahas peran penting keterampilan berpikir kritis dalam membentuk pola pikir inovatif dan solutif bagi generasi muda, serta bagaimana pendidikan dan pelatihan dapat mendukung pengembangannya. Diharapkan dengan penguasaan keterampilan ini, generasi muda dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan dunia kerja dan dunia usaha yang terus berkembang.
References
Devi, P.A.P T. S. (2023). Peningkatan Kompetensi Creative, Communication, Colaboration Dan Critical Thinking (4C) Generasi Milenial. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1094-1098.
Mahuda, I. M. H. (2021). Sosialisasi Pentingnya Critical Thinking Untuk Membangun Generasi Muda Yang Kritis Dalam Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Sma Citra Islami Cikupa. Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 210-215.
Prakoso, S., & Zulfiati, L. (2024). Pengaruh biaya lingkungan, green innovation dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. Jurnal STEI Ekonomi, 33(1), 1-20 p-ISSN: 0854-0985| e-ISSN: 2527-4783. Vol 33, No. 1, 2024, pp. 15-38. DOI: https://doi.org/10.36406/jemi.v33i01.1452.
Prakoso, S., Erna Nur Ifah, Rachmat Ramadhani, & Elwin Wiliani. (2025). Pengaruh Return On Equity (Roe) Dan Net Profit Margin (Npm) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2021-2024. Journal of Islamic Studies & Social Science , 2(1), 61–73. https://doi.org/10.64019/jisss.v2i1.67.
Prakoso, S., Muhammad Zakaria, & Setiadi, D. (2023). Implementation of Corporate Social Responsibility Programs At PT Sharp Electronic Indonesia. Krisnadwipayana International Journal of Management Studies, 3(1), 143–160. https://doi.org/10.35137/kijms.v3i1.416.
Rahmi, F. L. S. (2021). Identifikasi kesiapan memasuki dunia kerja melalui profil soft skill siswa SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2798-4001.
Rini. (2022). Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan Creative Thinking (4C) Dengan Pendekatan Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Luqman Al-Hakim Kelas 5 SDN 010 Bengkulu Utara. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2829-9078.
Rofiudin, A. L. A. (2024). Pembelajaran Kolaboratif di SMK: Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills. Journal of Education Research, 4444-4455.
Salahuddin A, N. (2021). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2775-2577.
Susilawati, A. A. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
Syafitri, D. A. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research.
Turistiati, A.T. H. F. (2019). Pelatihan Soft Skills Dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK Di Kota Bogor Untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2621-6434.
Wibowo, M.E.S.M. M. (2023). Peningkatan Kompetensi Diri untuk Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Di Era Society 5.0 bagi Pelajar Nahdlatul Ulama. Jurnal Abdimas , 2686-519.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erna Nur Ifah, Rachmat Ramadhani, Ririn Uke Saraswati, Sarmin Sarmin, Rizqi Palentino, Faisal Bahri, Irfan Suhendra, Hendra Riyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.













