Pengembangan Literasi melalui Pembelajaran Part of Speech (Kelas Kata) dan Merangkum Buku pada Anak Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.59696/judika.v1i4.24Keywords:
Pengembangan Literasi, Part Of Speech (Kelas Kata), Merangkum BukuAbstract
Permasalahan diskriminasi sosial yang dialami oleh anak-anak Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kota Medan yang mana anak sering dipandang rendah oleh orang lain, baik itu dari gurunya maupun teman-temannya dalam arti orang lain meremehkan atau menganggap anak-anak panti asuhan tersebut kurang mendapatkan kasih sayang, tidak memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni, serta tidak memiliki orang tua. Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin memecahkan masalah sosial yang dihadapi oleh anak-anak Panti Asuhan Puteri Aisyiyah, yaitu masalah diskriminasi sosial dengan pembelajaran part of speech (kelas kata) dan merangkum buku dan menjadi bahan kajian untuk para pendidik dalam mengembangkan literasi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan literasi melalui pembelajaran part of speech (kelas kata) membuat anak-anak Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kota Medan menjadi lebih mengerti mengenai pembelajaran part of speech (kelas kata) dan memperoleh wawasan lebih mendalam mengenai kosakata dalam Bahasa Inggris. Pembelajaran merangkum buku juga dapat meningkatkan minat bacanya anak-anak panti asuhan tersebut.